Rabu, 22 Februari 2012

Teks pembawa acara perpisahan sekolah

Buat yang mau nge-mc, mungkin ini isa dijadikan sedikit acuan.


Assalamualaikum wr.wb.
bismillahirrohmairrohim…
(muqodimah dalam b.arabnya, buat sendiri)
Yth. almukarom KH. X
Yth. (jika ada pejabat yang lebih tinggi)
Yth. Kepala MI/Sd/SMP/Mts/SMA terserah…, Drs. X
Dewan guru, bapak2, ibu2 para undangan, serta anak2ku sekalian yang saya sayangi.
Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat allah Swt, yang telah memberikan rahmat dan berkahnya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka (X).
Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad Saw.  Kepada keluarga beliau,  para sahabat serta kaum muslmin yang senantiasa beristiqomah dalam menjalankan syariat Islam hingga akhir zaman nanti.
Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, adapun susunan acara pada pagi ini adalah sebagai berikut
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Alquran
  3. Pembacaan sholawat nabi
  4. Sambutan2
  5. Prosesi wisuda
  6. Istirahat
  7. Mauidhoh hasanah
  8. Doa penutup
Hadirin sekalian, demi menghemat waktu marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmallah bersama2.
Hadirin sekalian, berikutnya dalah pembacaan kalam Ilahi yakni QS… Ayat… yang akan dibawakan oleh ananda/saudara X. kepadanya dipersilakan.
Maha benar Allah atas segala firmanNya. Terimakasih disampaikan. Demikian tadi pembacaan ayat suci Alquran, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Beralih ke acara berikut, yakni pembacaan sholawat nabi yang akan dipimpin oleh ananda/saudara X… kepadanya dipersilakan. Dan kepada hadirin saya minta untuk berdiri sejenak.
Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, acara selanjutnya adalah sambutan2. Sambutan pertama akan disampaikan oleh , ketua panitia. Kepada bapak X, dipersilakan.
Hadirin sekalian sambutan kedua akan disampaikan oleh perwakilan siswa kelas 5. Kepada ananda X, dipersilakan.
Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan wisudawan, kepada ananda X, dipersilakan.
Terimakasih saya sampaikan. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh kepala MI, kepada bapak Drs. X, dipersilakan.
Terimakasih saya sampaikan. Hadirin sekalian. Kini kita memasuki acara inti, yakni prosesi wisuda siswa-siswi kelas 6 MI yang akan dipandu oleh bapak/ibu/saudara X dan akan dilanjutkan dengan acara istirahat. Kepadanya dipersilakan.
…………………………………………………………………………………….  (jika prosesi wisuda dipimpin MC secara langsung, kalimatnya silahkan disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan)………………………..
Bapak2, ibu2 sekalian yang dirahmati Allah, kini tibalah kita pada acara mauidhoh hasanah yang akan disampaikan oleh almukarom KH. X. kepada beliau dipersilakan.
Hadirin rahimakumullah, demikian tadi mauidhoh hasanah yang telah kita ikuti bersama. Semoga bermanfaat bagi kita semua sebagai umat Islam. Amin ya robbal alamin.
Hadirin sekalian, tibalah kita dipenghujung acara yakni pembacaan doa penutup. Kepada bapak X, kami persilakan.
Hadirin yang saya hormati, acara demi acara telah kita lalui bersama. Semoga apa yang telah kita lalui diterima oleh Allah swt. Saya atas nama panitia dan selaku pembawa acara mengucapkan terimakasih atas perhatiannya. Dan mohon maaf apabila terdapat hal2 atau kata2 yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.
Terimakasih, wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar